E-Commerence di Indonesia

19.11



Indonesia termasuk negara berkembang, dimana para masyarakatnya sangat terbuka dan juga ingin tahu akan teknologi dan produk-produk terbaru di dunia. Dan juga di indonesia pengguna internet dari tahun ke tahun selalu meningkat dengan pesat. Maka dari itu indonesia adalah suatu lahan subur bagi perusahaan-perusahaan e-commerence. mengapa indonesia adalah lahan subur ?

1. Populasi indonesia saat ini terdiri dari 240 jt orang.
2. Pemakai internet di indonesia untuk tahun 2016 di perkirakan akan mencapai 160 jt jiwa.

Dua hal penting lainnya mengenai E-Commerce pada negara berkembang adalah Smartphone dengan harga murah + Online Engagement. Menjamurnya smartphone dengan fasilitas internet yang menawarkan fitur sosial media online, artinya = Semakin banyak masyarakat dari kelas menengah (Middle-Class) mengerti dan teredukasi mengenai perdagangan via internet sehingga perusahaan e-commerce pun memiliki kesempatan yang besar untuk berkembang pesat di Indonesia.

Tips and Trick untuk bertransaksi online :

– memastikan dengan mencari info tentang kebenaran web tersebut.
– melakukan testimony di forum maupun mailist tentang toko online tersebut.
– memastikan toko tersebut memiliki reputasi yang baik,termasuk dalam purna jual / garansi.
– jika toko tersebut memiliki fasilitas dari sebuah atau beberapa bank dalam pembayaran, misal klikpay dari bank BCA, atau pembayaran dengan kartu kredit. Maka bisa dipastikan toko tersebut benar dan memiliki reputasi yang baik juga. 

Keuntungan dalam transaksi e-commerence adalah :
– Pembeli dengan mudah mendapatkan barang tanpa pergi ke toko, dan melakukan penawaran terhadap suatu barang, karena bisa dengan langsung melakukan penawaran harga terhadap suatu barang sebelum terjadi harga yang sesuai dengan kedua belah pihak.
– Pembeli dapat menghemat waktu dalam mendapatkan barang.
– Penjual tidak perlu menyewa sebuah space toko atau gerai yang berlokasi strategis untuk
memajang produk dan agar lebih laku produk kita dan memiliki banyak pelanggan.
– Penjual bisa memajang buka took selama 7 x 24 jam, karena tidak terbatas waktu, dan
bisa mendapatkan pelanggan dari mana saja.

Kerugian dalam transaksi 
e-commerence adalah :
– Kesesuaian barang biasanya membuat pelanggan kecewa dengan produk yang telah dia
beli karena tidak sesuai dengan barang yang ada di dalam foto di website, hal ini karena
pembeli tidak bisa melihat kondisi barang secara langsung.
– Proses pengurusan garansi yang tidak jelas, dan kadang sulit.
– Kepercayaan menjadi modal utama dalam transaksi, akan tetapi saat ini terjadi krisis
kepercayaan di masyarakat Indonesia sendiri.
– Reputasi toko online yang buruk untuk wilayah Indonesia sendiri.

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe